Peralatan Terbaik untuk Blogger dan Content Marketer

Peralatan Terbaik untuk Blogger dan Content Marketer

Blog dan kontennya saat ini bukan lagi hanya digunakan untuk menuangkan ide dan pendapat. Bagi pemilik bisnis online, blog bisa menjadi media pemasaran paling efektif.
Kalau anda termasuk yang memanfaatkan blog secara serius sebagai sarana usaha, tentunya anda membutuhkan peralatan profesional yang tepat pula. Inilah daftar lebih dari 30 tool yang sudah saya coba sendiri dan terbukti merupakan salah satu yang terbaik di bidangnya.
Peralatan yang saya daftarkan di bawah ini terdiri dari berbagai kategori, mulai dari hosting dan domain, platform dan perlengkapannya, sampai menggali, mengorganisir, menulis, dan mempromosikan konten.
Kalau anda punya rekomendasi tool lainnya, silahkan meninggalkan komentar atau hubungi saya langsung.

Hosting dan Domain

Untuk penyedia layanan hosting & domain Indonesia, saya belum bisa merekomendasikan. Tetapi pastikan anda menggunakan yang kualitasnya setara dengan nama-nama di atas.

Platform, Plugin, dan Template

WordPress

tool-wordpress
Gratis, open source, banyak plugin dan template yang tersedia, serta komunitas pengguna yang besar. Tidak perlu diragukan lagi bahwa WordPress adalah platform blogging terbaik. Dari seluruh website di dunia ini yang menggunakan CMS, lebih dari 50% menggunakan WordPress.

ThemeForest

tool-themeforest
Tempat jual-beli template dari Envato untuk WordPress (dan CMS lain) terbesar. Ada lebih dari 4.000 template WordPress yang dijual di Themeforest, belum termasuk yang lainnya.

CodeCanyon

tool-codecanyon
Situs jual beli dari Envato juga, tetapi untuk plugin WordPress dan script lainnya. Tidak kurang dari 3.000 plugin premium untuk WordPress dijual di CodeCanyon.

Studiopress

tool-genesis
Genesis Framework yang dijual oleh Studiopress merupakan salah satu kerangka template terbaik untuk WordPress. Website PanduanIM juga menggunakan Genesis Framework. Dengan sedikit kemampuan coding, kita bisa membuat template apapun dengan mudah berkat Genesis.

File Sharing & Backup

Menggali Ide Konten

Mengorganisir Ide Konten

Mengoptimasi Konten

Google Analytics

tool-analytics
Google Analytics merupakan tool terbaik untuk menganalisa website anda. Dengan Analytics, anda bisa melihat jumlah pengunjung, bounce rate, sumber pengunjung, dan data lain yang penting untuk mengoptimasi website secara menyeluruh.

Google Keyword Planner

tool-keywordplanner
Tool dari Google yang sebenarnya dibuat untuk pemasang iklan tetapi sangat powerful untuk menemukan kata kunci apa yang banyak dicari oleh pengguna Google.

Google Trends

tool-trends
Melihat tren dari suatu kata kunci. Google Trends dapat digunakan untuk mengetahui apakah peminat dari suatu kata kunci berkurang atau bertambah.

Yoast WordPress SEO Plugin

tool-yoastseo
Plugin WordPress yang bisa digunakan untuk mengoptimasi judul dan isi artikel agar terfokus dengan kata kunci yang digunakan.

Gambar & Desain

Mempromosikan Konten

Post a Comment

0 Comments